Rabu, 30 November 2011

Hal Penting Sebelum Anda Memutuskan Membuat Blog AdSense

Hal Penting Sebelum Anda Memutuskan Membuat Blog AdSense

Jika Anda salah satu yang tertarik memulai membuat blog untuk mencari uang dari google adsense, berikut beberapa faktor yang sangat menunjang keberhasilan dalam bisnis google adsense ini, yaitu :

1. Niche Adsense Keyword 
Pemilihan keyword atau topik blog yang akan dibahas dalam blog harus niche adsense keyword, maksudnya topik tersebut memang banyak dicari pengunjung, memiliki nilai klik yang bagus dan memiliki blog pesaing yang sedikit. Selain itu, dari beberapa kisah sukses adsense yang pernah saya baca, kebanyakan dari mereka menyarankan kalau topik yang dibahas harus kita kuasai dengan baik sehingga kita bisa terus mengupdate blog tersebut, misalnya yang sesuai dengan hobby atau background pendidikan kita.

2. Domain dan Hosting
Membuat blog adsense pada layanan blog gratis memang tidak salah, tetapi dengan segala resiko yang ada pada layanan blog gratis ini tentu saja bisa menjadi pertimbangan buat kita. Misalnya, setelah bertahun-tahun kita membangun blog adsense dan sudah menghasilkan uang dari adsene dan secara tiba-tiba tanpa alasan yang tidak kita ketahui blog gratis tersebut dinonaktifkan oleh pemilik layanan blog tersebut. Tentu saja hal ini tidak pernah kita inginkan, tetapi kemungkinan tersebut tetap ada.


Selain itu tidak semua layanan blog gratis bisa dipasangkan iklan, contohnya blog wordpress gratis. Intinya jika ingin serius dalam membuat blog adsense, Anda harus mengalokasikan sejumlah uang untuk membeli domain dan hosting sendiri. Untuk harga domain kira-kira Rp120.000,- dan hosting tergantung dari bandwith dan space yang kita sewa, untuk unlimited bandwith dan unlimited space sekitar $ 95 US pertahun (harga berpariasi untuk setiap penyedia hosting).

3. Bahasa Inggris
Sampai saat ini untuk beberapa bahasa didunia masih belum support terhadap google adsense. Bahasa Indonesia termasuk yang belum diijinkan untuk memasang google adsense for content, walaupun saat ini banyak webmaster yang tetap nekat memasang google adsense pada blog yang berbahasa Indonesia. Tentu saja resiko dibanned sudah menanti. Saya pernah memasang iklan adsense for content pada blog ini, pada akhirnya saya mendapat surat peringatan dari google adsense, pernah saya tulis disini.

Intinya, penggunaan Bahasa Inggris menjadi syarat mutlak untuk bisa sukses dalam bisnis google adsense ini. Anda harus menguasainya dengan baik secara tertulis, kalaupun tidak bisa sebenarnya tetap bisa ikutan bermain adsense tetapi tentu saja butuh usaha dan dana yang lebih besar, seperti harus membeli artikel dari pihak lain.

4. Update Blog
Hal penting lainnya yang menjadi syarat sukses bisnis adsense ini adalah harus rajin update blog, sebisa mungkin 1x dalam 3 hari harus mengupdate blog, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal bisa mengupdate blog setiap hari, bahkan ada juga yang menyarankan sehari lebih dari 2x update blog.

5. Original Content
Pada poin 4. Update Blog diatas, diwajibkan untuk rajin update blog. Update blog yang dimaksudkan juga memiliki syarat yaitu harus original content, artikel yang ditulis tidak boleh copy paste. Untuk mengecek apakah artikel tersebut sudah bebas dari predikat duplicat content, bisa menggunakan situs Copyscape.com

Kenapa harus original content? Selain google adsense memang menyarankan untuk menggunakan original content, faktor lain yang paling penting adalah artikel copy paste tidak mendapat index oleh mesin pencari sehingga kemungkinan artikel kita tidak akan pernah ditemukan oleh para pencari/pengunjung. Akibatnya blog kita juga tidak akan kecil kemungkinan dikunjungi, jika tidak pernah dikunjungi bagaimana mungkin ada yang mengklik iklan adsensenya, jika tidak ada klik iklan artinya penghasilan dari adsense juga tidak ada.

Kemampuan Dasar Komputer
Selain kemampuan mengoperasikan komputer, penguasaan dasar tentang internet juga sangat dibutuhkan seperti email, social community, pemahaman dasar blog (blogger, wordpress, joomla, dll), webhosting, domain dan sebisa mungkin tentang kemampuan dasar html dan php.

Pada poin terakhir ini tentu saja akan sangat berpengaruh dalam hal teknis dan efektivitas, jika sudah pamiliar dengan desain website tentu saja akan memudahkan kita dalam membuat blog yang bagus. Tetapi jika tidak, kita bisa menyewa orang lain untuk melakukan hal teknis ini atau kita bisa belajar lagi dari awal.

Nah, setidaknya 6 poin diataslah yang perlu Anda miliki atau sanggupi untuk bisa membuat blog adsense yang sukses meraup dollar setiap bulan. Keberhasilan akan sangat tergantung dari seberapa besar usaha dan waktu yang Anda keluarkan.

Jika ada yang kurang tepat atau ada yang mau ditambahkan silahkan ditanyakan pada bagian komentar.

Semoga bermanfaat.