Minggu, 29 Januari 2012

Penyakit Katarak

Penyakit katarak merupakan suatu jenis penyakit mata atau lebih tepatnya adalah suatu jenis kerusakan yang terjadi pada mata sehingga kerusakan mata ini menyebabkan lensa mata menjadi berselaput dan rabun. Selain itu lensa mata menjadi terlihat keruh dan akibatnya cahaya yang masuk ke dalam mata tidak dapat masuk menembusnya.
Penyakit katarak ini bervariasi sesuai dengan tingkatannya yang dimulai dari sedikit hingga keburaman total yang menjadikan cahaya tidak bisa masuk ke dalam mata. Penyakit katarak ini akan terus berkembang sesuai dengan usia penderita penyakit katarak sendiri hingga bisa menyebabkan penguatan lensa mata, menyebabkan penderita penyakit katarak akan menderita miopi atau lebih dikenal dengan istilah rabun jauh, menguning secara bertahap dan keburaman lensa mata ini bisa mengakibatkan pengurangan persepsi pada warna biru.
Penyakit katarak ini biasanya akan menjangkita secara perlahan-lahan hingga menyebabkan kehilangan penglihatan serta mempunyai potensi terhadap kebutaan kebutaan mata jika tidak segera diobati. Kondisi seperti ini biasanya akan sangat berpegaruh terhadap dua mata, akan tetapi hampir selalu satu mata yang dipengaruhi lebih awal dari pada yang lain.
Penyakit katarak yang terjadi pada usia lanjut, pertama-tama akan terjadi keburaman di dalam lensa mata, kemudian lensa mata mulai membengkak dan yang terakhir akan terjadi penyusutan dengan kehilangan transparansi seluruhnya. Selain hal tersebut, seiring dengan berjalannya waktu lapisan luar dari penyakit katarak ini lama kelamaan akan mencair dan akan berbentuk menjadi cairan putih susu, di mana cairan ini akan menyebabkan peradangan berat jika kapsul lensa pecah dan terjadi kebocoran. Sehingga jika tidak segera diobati, maka penyakit katarak ini akan menyebabkan glaukoma.