Rabu, 30 November 2011

Panda, Hewan Langka Khas Cina

 PANDA TERANCAM PUNAH



Panda itu hewan yang lucu. Karena itu, banyak orang yang mengabadikannya melalui foto, film ataupun boneka. Namun, saat ini kabarnya hewan lucu ini terancam dari kepunahan. Mengapa?
Ada beberapa hal yang membuat panda menjadi hewan yang terancam punah. Antara lain adalah rendahnya angka kelahiran hewan panda, baik panda yang ada di alam liar atau di dalam kandang. Habitat panda juga terancam karena adanya campur tangan manusia.
Nah, salah satunya yang terjadi di Cagar Alam Wolong di Provinsi Sichuan, China. Cagar Alam Wolong merupakan salah satu habitat terbesar panda di China. Di wilayah ini, panda sangat dilindungi. Tempat ini juga menjadi tempat pengembangbiakan panda agar populasinya semakin bertambah.
Namun, selama 30 tahun terakhir, penduduk yang tinggal di sekitar wilayah cagar alam makin masuk ke dalam hutan. Mereka masuk ke dalam hutan untuk mencari kayu bakar. Banyak pohon yang ditebang untuk diambil kayunya. Nah, menurut tim peneliti, hal ini bisa memengaruhi habitat panda di hutan tersebut.
Perdamaian
Selain menjaga cagar alam yang menjadi tempat perlindungan panda, pemerintah China juga melakukan peminjaman panda ke negara-negara lain. Peminjaman panda ke kebun binatang Amerika Serikat dan Jepang pada tahun 1970 merupakan salah satu bentuk diplomasi China dengan kedua negara tersebut. Peminjaman ini sebagai tanda pertukaran budaya pertama antara China dengan dunia Barat. Selain itu, peminjaman ini menjadi bentuk perdamaian antarnegara.
Namun, pada tahun 1984, panda sudah tidak lagi digunakan sebagai alat diplomasi. Selanjutnya, China mulai menawarkan panda ke negara lain untuk peminjaman yang dibatasi. Nah, kebun binatang di Amerika Serikat yang ingin mengimpor panda harus membayar sesuai tarif yang diberlakukan oleh China. Sebagian tarif ini digunakan untuk upaya pelestarian panda liar dan habitatnya.