Tak butuh gelar tinggi untuk sukses dalam mencari pekerjaan.
Menggapai gol karier Anda hanya butuh strategi yang matang dan disiplin.
Berikut 6 tips untuk membantu Anda mencari pekerjaan lebih cerdas,
bukan lebih keras.
Jual nilai
Apa yang
membuat Anda unik? Bagaimana kekuatan, kemampuan, dan prestasi Anda bisa
mengurangi permasalahan yang dihadapi perusahaan yang Anda lamar
tersebut? Tentukan “tawaran nilai unik” Anda dan buat hal tersebut
menjadi rencana integral pada garis besar marketing personal Anda.
Perhitungkan setiap dokumen (resume, biografi, kartu nama) atau
pertemuan langsung (networking, atau wawancara) sebagai kesempatan untuk
menyampaikan nilai dan mengemukakan kebutuhan strategis Anda.
Lebih bersemangat
Mencari pekerjaan bisa jadi sangat melelahkan jika Anda tak memiliki
rencana untuk mengisi ulang tenaga Anda. Tetap termotivasi dan selalu
siap akan memudahkan Anda membangun rencana praktis dan tetap
menjalaninya. Aturlah jadwal harian Anda, lalu putuskan seberapa sering
atau berapa jam dalam seminggu bisa Anda siapkan untuk mencari dan
menyusun kembali dokumen-dokumen untuk menghitung kembali perkembangan
Anda.
Mengaktifkan dan membangun jejaring
Jejaring yang kuat bisa memberikan info dan akses ke lowongan pekerjaan
yang tak begitu terekspos ke pasaran. Riset menunjukkan bahwa lebih dari
60 persen dari semua pekerjaan yang terpenuhi disebarkan lewat
jejaring. Setiap orang yang Anda kenal adalah kesempatan untuk membangun
jejaring Anda. Jangan lupa, anggota keluarga, teman sosial, atau rekan
kerja adalah anggota potensial dalam jejaring Anda.
Riset pilihan
Internet adalah tempat yang tepat untuk memulai riset Anda. Selain situs-situs khusus untuk karier, seperti Kompaskarier.com, search menggunakan multiple search entuk lowongan di : http://id.nowgoogle.com/lowongan/.htmlsitus
perusahaan yang Anda tuju pun bisa jadi sumber informasi berharga. Dari
sana Anda bisa mempelajari mengenai produk-produk, jasa, siapa yang
berwenang, dan banyak hal lainnya.
Mengkhususkan strategi pencarian kerja
Anda akan meningkatkan kemungkinan untuk sukses jika Anda berfokus pada
pilihan khusus personal. Pilih dua atau tiga strategi yang sesuai
dengan kepribadian dan gaya hidup Anda, lalu bangun pencarian profesi di
sekitar wilayah tersebut. Jika Anda ingin bertemu dengan banyak orang
baru, cobalah untuk mencari kerja sebagai relawan di sebuah organisasi
atau melamar sebagai pemagang sementara di suatu organisasi. Jika Anda
adalah tipe pemalu atau introvert, cobalah untuk menghubungi teman-teman
lama melalui situs jejaring sosial atau asosiasi alumni. Saluran lain
yang bisa Anda coba adalah dengan rajin melirik halaman lowongan
pekerjaan di harian ibukota, grup jejaring, atau acara job fair.
Manfaatkan kreativitas Anda
“Jual” diri Anda dengan imajinasi. Lima tahun lalu, pelamar pekerjaan
harus mencetak resume mereka di atas kertas berwarna untuk menarik
perhatian personalia. Saat ini, perusahaan ingin mencari karyawan yang
kualifikasinya mencukupi kebutuhan perusahaan dan tahu bagaimana
mempresentasikan nilai mereka. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan
adalah dengan menciptakan resume video berisi portfolio Anda. dan
lainnya.
Apapun metode yang Anda pilih, lakukan pencarian lowongan
dengan cara yang terorganisir, bertarget, dan kreatif. Sukses adalah
hasil akhir dari kreativitas dan segala kerja keras yang dibangun di
sekitarnya.
sumber : kompas.com