Kamis, 15 Maret 2012

Rail Bus, Moda Transportasi Andalan Solo



Liputan6.com, Solo: Kemacetan lalu lintas memang sudah jadi masalah umum di kota besar sehingga berbagai cara dilakukan untuk mengatasinya. Di Kota Solo, Jawa Tengah, ada satu moda transportasi yang diklaim bisa mengurangi kemacetan, yaitu Solo Rail Bus.

Rail Bus Solo sekilas memang mirip kereta api. Apalagi jalannya pun di atas rel kereta. Tapi tunggu dulu ukurannya ternyata lebih kecil dan hanya terdiri dari tiga gerbong saja.

Rail Bus Solo memang dikondisikan untuk melintas di dalam kota sekaligus mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Kota Batik ini. Meski kecil Rail Bus jurusan Solo-Sukoharjo ini bisa menampung 180 penumpang baik duduk maupun berdiri dengan kecepatan 100 kilometer per jam.

Sayang dalam uji coba beberapa waktu lalu masih terlihat sejumlah kekurangan, seperti tidak adanya pintu perlintasan kereta serta masih banyak kendaraan yang mengekor di belakang Rail Bus yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Rail Bus produksi PT Inka. Kendaraan seharga 17 miliar rupiah ini, nantinya akan menggantikan kereta api feeder yang biasa melayani rute Stasiun Purwosari Solo hingga Stasiun Wonogiri..(IAN)