Kamis, 15 Maret 2012

Bus Tingkat Wisata, Satu Lagi yang Baru di Kota Solo

Selain Railbus, Pemerintah kota Solo juga meluncurkan satu lagi moda transportasi yaitu Bus Tingkat. Ada yang bertanya, apa hebatnya sih Bus Tingkat? Bukankah beberapa tahun lalu di Kota Solo sudah pernah ada Bus Tingkat dan sekarang sudah menghilang entah kemana? Bus Tingkat Lama bermerek Volvo dengan warna abu-abu memang sempat menjadi moda transportasi favorite. Rute yang dilalui dulu adalah dari Taman Jurug - membelah kota via Jl Slamet Riyadi - dan sampai ke Kartasura. Maka Mahasiswa yang berkuliah di UNS - Kentingan - Mesen dan pegawai negeri yang berkantor di daerah perkantoran sekitar Gladag - Jl. Jed. Sudirman dan Urip Sumoharjo bisa dilayani oleh Bus Tingkat ini dengan baik dan murah meriah. Belum terhitung para siswa sekolah yang banyak terdapat di sepanjang rutenya - SMEA Batik - SMA-SMP Batik - SMP Bintang laut - kompleks sekolah di Jl. Murwadi… hmmm benar-benar kendaraan nya rakyat…
12980113631058125393
(gambar bus tingkat model lama - di solo)
Di tahun 2011 Pemerintah Kota Solo meluncurkan bus tingkat versi baru. Dinas Perhubungan Solo bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk mengelola bus tersebut. Dengan demikian Bus Tingkat Solo versi baru ini lebih bernuansa Bus Tingkat Wisata.
Dari berita yang banyak beredar di Kota Solo sekarang ini bus sudah selesai dikerjakan dan sedang menunggu ujicoba sistem elektrinya. Pada peluncuran perdana, baru satu unit bus yang akan dioperasikan. Namun tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan ditambah, karena bus tingkat ini dioperasikan untuk melayani paket-paket wisata ditambah operasional untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu. Pengoperasian Bus Tingkat Wisata ini secara teknis dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan kota Solo. Promosi dan paket wisatanya dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bekerjasama dengan agen-agen perjalanan wisata di Kota Solo dan sekitarnya. Sungguh sinergi yang patut diacungi jempol.
Pemkot Solo berencana menghadirkan bus tingkat wisata dengan dukungan dana sebesar Rp. 1,7 miliar dari APBD Kota Solo. Bus tingkat wisata ini konon merupakan satu-satunya bus tingkat di Indonesia yang bersistem elektrik. Satu unit bus memiliki lebar standar dengan bus besar lainnya, namun ketinggian bus sekitar 4,3 meter, dengan desain bagian atas beratap terbuka yang bisa ditutup saat hujan turun. Wuih canggih juga ya….
12980115521671881409
(gambar bus tingkat Wisata - menurut berita dan kabar yang beredar beginilah sosok bus tingkat wisata)
Bus tingkat wisata tersebut berkapasitas 25 tempat duduk di bagian bawah dan 30 tempat duduk di bagian atas.. Sedangkan untuk ruas jalan yang dilewati adalah: Jl. Adisucipto, Jl. Ahmad Yani, Jl. Slamet Riyadi, perempatan Baturono, Jl. Veteran, Jl. Dr. Radjiman. (kompasiana)